Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Pemasaran Konten Untuk Meningkatkan Interaksi Pelanggan [2020]

Belajar pemasaran konten

Pemasaran konten (content marketing) adalah jenis pemasaran yang menyediakan konten berkualitas secara GRATIS kepada calon pelanggan dengan imbalan perhatian mereka.

Tentu hal ini berbeda dengan iklan yang menjadi pengganggu hanya untuk memperlihatkan produk mereka kepada pelanggan secara acak (tidak ter target) 

Pemasaran konten umumnya memiliki target pemasaran yang menyebabkan calon pelanggan merasa bahwa dia terlibat dengan konten anda dan merasa membutuhkan produk bahkan hingga melakukan interaksi.

Artikel ini akan memberikan panduan untuk pemasaran dengan membahas poin-poin berikut:
  • Kelemahan fatal dari iklan
  • Panduan mendalam untuk pemasaran konten
  • Keuntungan yang didapatkan dengan pemasaran konten dibandingkan iklan
  • Teknik penerapan terbaik yang akan membuat pemasaran konten Anda lebih efektif

Jika Anda ingin mengetahui semua pembahasan di atas. Maka lanjutkan membaca.

Kesalahan fatal dari iklan

Pertama, mari kita pertimbangkan kesalahan fatal dari iklan pada umumnya. 

Dengan iklan, para pemilik produk atau perusahaan membuat sebuah konten iklan yang mengganggu pengguna pada saat menonton TV ataupun berkendara di jalanan. 

Mereka membuat iklan dalam bentuk papan iklan, iklan TV, iklan radio, iklan majalah dan lain-lain. 

Mereka juga tidak memberikan nilai apa pun kepada orang yang melihat iklan tersebut.

Dan juga tidak menawarkan alasan apa pun yang melekat pada pelanggan untuk melihat iklannya. 

Saya akan berikan gambaran tentang iklan

Para pemilik perusahaan meletakkan iklan mereka pada kereta untuk memanfaatkan fakta bahwa penumpang tidak akan pergi hingga sampai pada tujuannya. 


Dan perusahaan itu berharap penumpang membacanya sambil menunggu kereta itu sampai pada tujuan penumpang tersebut. 

Di lihat dari cara di atas.

Si pemilik iklan hanya mengandalkan penempatan yang tepat, Kata-kata yang cerdas, dan kreativitas untuk menarik perhatian orang banyak dalam waktu singkat. 

Mereka mengharapkan iklan mereka mampu menarik perhatian banyak orang dan cukup pintar dalam memperkenalkan produk atau brand mereka.

Tentu itu semua mengarah pada tiga kelemahan fatal untuk iklan. Yaitu:
  1. Iklan hanya menarik perhatian untuk jangka waktu singkat
  2. Iklan dianggap mengganggu dan tidak memberikan sesuatu yang bernilai kepada calon pelanggan. 
  3. Pada akhirnya iklan akan terasa lebih mahal, jika hasil tidak sesuai yang diharapkan. 

Apakah ada cara untuk menjangkau pelanggan tanpa harus mengganggu mereka?
Ya, dan cara itu disebut pemasaran konten

Pembahasan mendalam untuk pemasaran konten

Konten marketing menyediakan konten berjenis media yang digunakan banyak orang.

Dan memberikan konten yang berkualitas dengan daya tarik tinggi sehingga orang-orang akan mendapatkan nilai dari pemasaran tersebut dan melakukan interaksi.

Anda dapat menggunakan media ini sebagai pemasaran :
  • Postingan blog
  • Rekaman podcast (mp3) 
  • E-book & panduan yang dapat diunduh
  • Infografis
  • Video Youtube yang bermanfaat bagi pelanggan dan memberikan nilai

Untuk memberikan gambaran seperti apa ini, berikut adalah beberapa contoh bisnis yang saat ini menggunakan pemasaran konten dengan sukses di bidangnya:

Contoh Content Marketing dengan brand yang Sangat Sukses

Untuk melakukan sebuah pemasaran konten yang sukses, tentu anda memerlukan sebuah referensi atau gambaran sebagai pembantu.

Maka saya akan memberikan 3 brand besar yang sukses dengan berbagai bentuk konten marketing.

Jam tangan ROLEX

Belajar pemasaran konten

Saat ini siapa sih yang gak kenal dengan brand yang satu ini? 

Jam tangan yang memiliki gaya klasik dengan harga yang fantastis. 

Brand ini mampu mempertahankan citranya sebagai jam tangan bermodel klasik di tengah era yang serba modern ini. 

Bagaimana bisa sebuah brand menerapkan konten marketing yang inovatif jika produknya adalah sebuah merek jadul?? 

Justru brand ini mampu menerapkan konten marketing dengan caranya sendiri. 

ROLEX mengambil citra klasik nya dari sebuah sudut pandang tertentu agar menghasilkan gambar-gambar yang berkualitas dengan daya tarik yang kuat. 

Dan gambar itu mereka publikasikan ke berbagai sosial media untuk menarik perhatian banyak orang. 

Karena brand ini sangat menjunjung citra klasik, maka konten yang diunggah harus sesuai dengan citranya. 

Mereka selalu mengutamakan nuansa simple dan minimalis dari segi fotografi, video hingga editorial. 

Dan menghindari kesan dengan gaya hidup yang sangat canggih karena mereka tau bahwa merek ini sangat jauh dari hal itu. 

Itulah ROLEX yang selalu memperhatikan detail dari setiap konten yang disajikannya sebagaimana dia memperhatikan detail kualitas jam tangannya. 

ROLEX selalu berkomitmen dalam mengutamakan kualitas konten gambar dari pada kuantitasnya. 

Catatan  :
Inti dari konten marketing ini bahwa terkadang brand anda tidak perlu sesering mungkin untuk update, tapi sekali update harus yang berkualitas

Toyota

Belajar pemasaran konten
Toyota fcv plus (mobil sekaligus pembangkit listrik) 
Toyota memanglah sebuah perusahaan otomotif raksasa yang berhasil menggunakan konten video youtube untuk menarik perhatian banyak orang

Mereka membuat konten berupa berkendara mobil (toyota) dengan tampak "keren dan elegant" Untuk menarik perhatian pelanggan nya. 

Dan terkadang mereka juga membuat sebuah video yang menghibur agar para penonton dapat membicarakan tentang mobil ini. 

mereka menciptakan sebuah pengalaman brand yang unik dengan video youtube yang menawarkan nilai hiburan yang banyak dibicarakan pelanggan nya. 
Hingga saat ini, channel tesebut telah memiliki 90 juta jam tayang.

Tentu mereka tidak menggunakan iklan di TV yang sama sekali orang lain tidak ingin menonton nya.

Coca-cola

Belajar pemasaran konten

Yang terakhir adalah Coca-Cola yang berhasil membuat para pelanggannya merasa special ketika meminum produknya. 

Apa yang dilakukan brand ini? 

Mereka hanya menuliskan nama-nama pelanggan nya di setiap kaleng dan botol minuman tersebut. 

Mereka membangun interaksi personal dengan para pelanggannya dengan memberi label nama mereka pada kaleng minumannya. 

Brand ini berharap para pelanggannya mau membagikan botol minuman tersebut dengan merasa bangga karena ada nama di labelnya. 

Dan ini adalah sebuah teknik marketing yang sangat unik dan memiliki dampak positif yang sangat besar. 

Hingga saat ini, Coca-Cola bisa kita temukan di setiap warung kecil di daerah kita.

Keuntungan Pemasaran Konten dibandingkan Iklan Tradisional

Berikut adalah beberapa manfaat yang  bisa anda dapatkan dengan menjadikan konten Sebagai media pemasaran produk anda. 

#1. Pemasaran konten memberikan sesuatu yang bernilai bagi pelanggan. 

Terkadang orang-orang yang melihat iklan, akan berpaling dan mencoba untuk tidak melihatnya lagi karena mereka tidak merasa terlibat dan tidak mengetahui arti dan nilai dari iklan tersebut. 

Tetapi Berbeda jika anda menggunakan konten marketing yang memberikan konten sesuai dengan kebutuhan atau yang diinginkan banyak orang. 

Dan pada akhirnya, mereka rela untuk meluangkan bahkan menghabiskan waktu berjam-jam dengan konten anda.

Karena mereka merasa terlibat dan mengetahui nilai dari konten tersebut.

Dan hal ini tentu membuat banyak orang lebih mengenal dan mengetahui produk yang anda pasarkan dan melakukan interaksi. 

Kita ambil dari contoh sebelumnya.

Orang-orang dapat melihat video toyota selama berbulan-bulan sebelum membeli suatu produk darinya.

Tetapi yang terpenting adalah mereka tetap berkeliaran dan secara sukarela mengonsumsi konten sampai saat mereka siap memiliki produk anda. 

#2. Pemasaran konten mendidik pelanggan hingga mereka siap untuk membeli produk Anda.

Banyak fakta yang terjadi bahwa orang-orang tidak membeli produk anda.

Salah satu penyebabnya adalah mereka tidak menyadari betapa berharganya itu dan betapa mereka membutuhkan produk anda. 

Dan bukan hanya itu.

Mereka bahkan merasa tidak membutuhkan, padahal mereka hanya tidak mengetahui cara kerjanya.

Jika anda melakukan pemasaran konten seperti blog dan youtube, anda dapat mengedukasi calon pelanggan anda hingga mereka siap membeli produk milik anda.

#3. Pemasaran konten menciptakan rasa timbal balik dari pelanggan

Ketika Anda terus memberikan konten berkualitas secara gratis dengan banyak orang.

Suatu saat nanti, akan tiba titik dimana mereka ingin membalas manfaat yang telah mereka terima dari anda.

Dan mereka akan merasa ingin membeli sesuatu dari anda untuk membayar kembali semua konten gratis yang anda berikan

#4. Pemasaran konten menarik pelanggan secara gratis .

Jika anda melakukan iklan sebagai media pemasaran.

Anda akan memerlukan uang untuk melancarkan iklan tersebut.

Iklan itu juga dapat terasa sangat mahal bila anda tidak mencapai hasil yang diinginkan dari iklan tersebut.

Tetapi berbeda dengan konten marketing, anda akan lebih merasa hemat kantong atau bahkan tanpa pengeluaran sekalipun.

Jika anda menulis 1 buah konten blog dalam waktu 1 hari atau 2 hari saja dengan konten yang sangat strategis.

Setiap postingan anda akan bertahan hingga seumur hidup untuk bisnis anda.

Dan ribuan orang dapat membaca postingan anda dalam jangka waktu panjang.

Sedangkan iklan Google membutuhkan biaya untuk membawa orang ke situs Anda satu kali, konten ditulis sekali dan dapat mengarahkan lalu lintas ke situs Anda selama bertahun-tahun.

Dan pada akhirnya konten anda menjadi aset tetapi iklan selalu menjadi  bagi bisnis anda. 

#5. Pemasaran konten lebih berpeluang untuk dibagikan

Coba anda fikirkan dengan apa yang dibagikan orang-orang di internet.

Facebook memiliki jutaan orang didalamnya, dan 90% yang dibagikan di dalamnya adalah konten-konten yang menarik.

Sangat jarang sekali kita temukan orang yang membagikan tautan ke situs web atau yang lainnya.

Sekalipun ada pengguna yang menyukai dan membagikan situs web bisnis anda, mereka hanya akan membagikannya satu kali karena tidak ada alasan untuk membagikannya lagi.

Dan berbeda jika anda membuat konten yang menarik dan dapat dinikmati semua orang.

Pelanggan yang sama dapat membagikan konten anda pada sosial media miliknya.

Jika lima orang di antara audiens mereka menyukai konten dan membagikannya, konten tersebut akan berlipat ganda lagi. 

Dan itu peluang besar untuk menjangkau jaringan mereka dikalikan dengan seluruh audiens milik mereka.

Poin yang harus anda perhatikan adalah orang-orang membagikan konten dan bukan situs web bisnis anda.

Dan konten cenderung akan menjadi viral daripada tautan ke website bisnis anda.

#6. Konten anda berpeluang ditemukan di mesin pencari

Untuk setiap postingan blog yang anda terbitkan untuk bisnis anda, anda berpeluang untuk menghasilkan konten yang lebih banyak dari website bisnis anda. 

Tanpa postingan blog, anda mungkin memiliki 10 halaman yang dapat ditemukan dari website anda di mesin pencari. 

Tetapi jika anda menulis konten blog satu minggu sekali saja, dalam setahun anda akan menghasilkan 52 halaman yang dapat ditemukan di mesin pencari. 

Bahkan jika anda mampu menulis lebih cepat dari itu, anda berpeluang menulis hingga 60-70 konten berkualitas dan menarik setiap tahunnya. 

Dan tentu lebih berpeluang ditemukan orang lain bukan? 

Untuk lebih memaksimalkan, anda dapat membaca  cara menghubungkan SEO dan pemasaran konten untuk hasil yang luar biasa.

#7. Pemasaran konten dapat meningkatkan traffic pengunjung

Sebagai contoh, anda menggunakan podcast untuk menjangkau pemirsa yang mungkin belum pernah anda jangkau dengan blog dan youtube.

Anda akan menjangkau lebih banyak mereka yang hanya mendengarkan podcast.

Dan setiap pemirsa yang menemukan podcast anda, mereka juga akan menemukan tautan yang mengarah kepada situs web bisnis anda.

Dengan cara ini, anda dapat memiliki sumber lalu lintas pengunjung lain yang tidak perlu dibayar.

Dan anda juga memiliki peluang menyampaikan pesan kepada audiens anda dengan jangkauan yang lebih luas lagi.

Dengan menggunakan postingan blog, youtube dan podcast, anda telah membuat tiga sumber lalu lintas potensial untuk situs web Anda.

#8. Pemasaran konten lebih tertarget.

Salah satu tujuan utama anda melakukan kampanye pemasaran adalah untuk menyampaikan pesan anda di hadapan banyak pemirsa yang ditargetkan. 

Audiens yang ter target akan berpeluang lebih besar untuk menjadi pembeli dan pelanggan produk anda.

Dan audiens yang besar akan berpeluang untuk mencapai jangkauan yang luas dan lebih banyak yang mengetahui bisnis anda.

Dalam dunia pemasaran, anda dapat membuat konten yang khusus ditujukan untuk pelanggan anda yang kemungkinan membawa pembeli kembali ke situs anda.

Dan tentu anda ingin menarik audiens yang ditargetkan agar berpotensi tertarik pada produk Anda.

Setiap pembaca tidak menjadi pembeli, tetapi audiens yang tertarget kemungkinan besar akhirnya akan menjadi pembeli.

Upaya untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran konten

Dengan membaca beberapa tulisan di atas, tentu anda ingin menerapkan pemasaran konten untuk memperkenalkan produk anda kepada banyak orang. 

Tahukah anda, masih ada sedikit cara untuk bisa memaksimalkan upaya anda dalam pemasaran konten marketing ini. 

Apa saja itu, yuk simak di bawah ini. 

Berikan konten yang diinginkan pelanggan anda. 

Banyak sekali para pemasar konten yang melakukan sebuah kesalahan tanpa mereka sadari. 

Yaitu dengan membuat sebuah konten untuk bisnis mereka sendiri, padahal kita sendiri tau bahwa orang lain tidak akan memperdulikan bisnis anda. 

Orang-orang hanya memperdulikan diri mereka sendiri, oleh karena itu, anda dapat memanfaatkan hal ini untuk keperluan bisnis anda. 

Anda dapat menyediakan konten yang berharga bagi mereka dan yang dibutuhkan bagi para pelanggan anda. 

Konten itu bisa berupa hiburan, pendidikan, panduan dan banyak hal lainnya. 

Tentu mereka akan lebih ingin meluangkan sedikit waktu mereka itu memperhatikan dan membicarakan konten anda. 

Dan disinilah anda dapat memperkenalkan diri anda secara perlahan-lahan dan meyakinkan bahwa orang-orang membutuhkan produk anda. 
Maksimalkan konten untuk kebutuhan pelanggan dan sesekali untuk mempromosikan bisnis. 
Pelanggan lebih menyukai sebuah konten yang memiliki nilai dan manfaat untuk diri mereka dibandingkan dengan iklan yang menggembor-gemborkan produk tersebut. 

Dengan konten 8 dari 10 yang memberi nilai pada pelanggan, brand anda akan lebih dihargai dengan para audiens yang anda targetkan. 

Gunakan konten lain untuk mencari tau konten yang diinginkan banyak orang

Terkadang kita mengalami kesulitan dalam membuat sebuah konten yang diminati oleh para pelanggan kita. 

Cara termudah yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi beberapa situs atau blog dari setiap industri di bidang anda. 

Dan cari tau pembicaraan apa yang sedang ramai dengan melihat konten yang memiliki jumlah komentar, share dan like dalam jumlah banyak. 

Dan anda bisa mendapatkan sebuah inspirasi tentang konten seperti apa yang akan tuliskan. 

Penutup

Sekarang anda sudah mengerti tentang pemasaran konten untuk memaksimalkan jangkauan dan interaksi pelanggan terhadap produk anda. 

Jika anda ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, anda bisa berlangganan blog kami.

Terimakasih
Muhammad nur rahman
Muhammad nur rahman "Semua orang di negara ini harus belajar memprogram komputer, karena itu mengajarkanmu cara berpikir." ~ Steve Jobs ~

Post a Comment for "Belajar Pemasaran Konten Untuk Meningkatkan Interaksi Pelanggan [2020]"