Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 jenis pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis (internet maarketing)

Jenis pemasaran digital

Internet telah mengambil alih semuanya dalam kehidupan kita sekarang.

Saat ini 4,4 milliar orang telah menggunakan internet dalam kehidupannya dan akan terus bertambah setiap menitnya.

Tentu dengan jumlah sebanyak itu, Ini merupakan kesempatan untuk bisa menjangkau banyak orang dengan mudah.

Sebagai orang yang baru terjun ke dunia marketing, anda perlu mengetahui jenis-jenis internet marketing untuk dapat memaksimalkan teknik pemasaran Anda.

Di artikel ini, saya akan membahas 8 jenis pemasaran digital yang bisa anda jadikan pilihan untuk melakukan pemasaran di internet.

Tapi sebelum saya menerangkan jenis pemasaran, saya akan jelaskan terlebih dahulu tentang pemasaran digital secara singkat.

Pengertian pemasaran digital

Pemasaran adalah sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mengomunikasikan, menyampaikan dan memberikan tawaran kepada orang-orang tentang bisnis dan produk anda.

Pemasaran digital (internet marketing) adalah sebuah aktivitas pemasaran yang menggunakan media digital untuk menjangkau konsumen secara cepat dan mudah.

Dan pemasaran digital ini memiliki banyak cara dan praktik yang dikategorikan dalam pemasaran digital (internet marketing).

jenis-jenis pemasaran digital

Seperti yang sudah di sebutkan dalam judul, ada 8 jenis internet marketing yang wajib anda ketahui untuk memaksimalkan strategi pemasaran anda.

Dan setiap Jenis pemasaran tersebut memiliki taktik dan strategi yang berbeda-beda.

Dan semua jenis ini juga memiliki sifat saling melengkapi satu sama lain.

Maka tidak jarang jika banyak perusahaan atau pemilik bisnis yang menggunakan nya secara bersamaan untuk menjangkau lebih banyak orang.

digital marketing digunakan banyak perusahaan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan mudah dan cepat

Yuk kita memahami apa saja jenis pemasaran digital tersebut

#1. Pemasaran konten (content marketing) 

Pemasaran konten adalah upaya untuk mempromosikan dan mendistribusikan sebuah materi yang dibentuk secara strategis dan menarik untuk melibatkan dan mengubah target pasar menjadi pelanggan.

Ini merupakan jenis pemasaran digital yang paling baik dan mampu bekerja sama dengan jenis pemasaran digital lainnya.

Terutama search engine optimization dan pemasaran media sosial.

Umumnya konten lebih berfokus pada kepentingan pelanggan anda dan calon pelanggan untuk memaksimalkan prospek dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Ada banyak jenis konten yang bisa anda gunakan untuk keperluan pemasaran.
  1. Artikel  (blogging) 
  2. Video  (youtube) 
  3. Podcast
  4. E-book
  5. Infografis
  6. Email
  7. Webinar
  8. dan masih banyak lagi...

Dan artikel yang sedang anda baca ini adalah jenis blogging.

Untuk Mempelajari lebih lanjut tentang blogging, lihat tutorial membuat blog profesional dengan 3 tahapan mudah

Bagaimana blog melakukan pemasaran ?

Mari kita lihat lebih dekat peran dari konten dalam pemasaran ini.

Saya akan menghubungkan konten blog dan search engine optimization (seo).

Simak gambaran di bawah ini :

Anggaplah anda sedang memiliki bisnis sepeda.

Untuk memaksimalkan penjualan sepeda, anda membuat sebuah konten yang berkaitan dengan bisnis anda untuk menarik perhatian pelanggan.

Misalnya anda membuat konten tentang "sepeda terbaik 2020" Dan menggunakan  teknik SEO untuk menempati peringkat pertama pada mesin pencari.

Jenis pemasaran digital

Misalnya seperti contoh di atas

Idealnya orang yang mencari kata kunci itu akan mengklik artikel anda sebagai sumber informasi yang diinginkan.

Dengan memberikan konten yang terbaik dan bermanfaat, pengunjung akan mendapatkan nilai dari konten tersebut.

Dengan begitu, nama bisnis anda akan lebih dikenal dan memiliki jangkauan yang lebih luas lagi.

Dan manfaat lainnya lagi, anda juga bisa melakukan prospek pada saat itu juga dengan meletakkan link (tautan) yang mengarah pada website bisnis anda.

Jika anda belum memiliki website, anda dapat Membuat di tempat yang terpercaya.

Atau klik banner di bawah ini.
www.domainesia.com

#2. Pemasaran sosial media (social media marketing) 

Pemasaran media sosial adalah sebuah teknik pemasaran menggunakan media untuk membangun eksistensi sebuah brand, menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan. 

Saat ini, media sosial seperti Facebook, instagram, Twitter, dan LinkedIn memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia. 

Dan anda dapat memanfaatkan media sebagai penunjang keberhasilan bisnis anda. 

Ada 2 jenis pemasaran media sosial :
  1. Pemasaran media sosial gratis (organik) 
  2. Pemasaran media sosial berbayar
Tentu memiliki kelebihan dan kekurangan di  antara nya. 

Saya akan jelaskan tentang keduanya. 

Pemasaran media sosial organik (gratis) 

Kalau pemasaran media sosial organik digunakan untuk membangun sebuah komunitas dan menjalin hubungan dan interaksi kepada para pelanggan anda. 

Dan membantu bisnis anda untuk terlibat dengan audiens target anda dengan percakapan dan konten yang menarik.

Ada banyak hal yang bisa anda gunakan dengan teknik pemasaran melalui media sosial
  1. Menumbuhkan rasa percaya pelanggan dengan menghargai pelanggan dan komunitas anda. 
  2. Berbagi wawasan berharga untuk memulai percakapan
  3. Mempromosikan konten berkualitas anda kepada komunitas di media sosial
  4. Dan masih banyak lagi

Lalu, bagaimana dengan pemasaran media yang berbayar (iklan)

Pemasaran media sosial berbayar

Hampir semua platform media sosial memiliki fitur untuk melakukan pemasaran (iklan) berbayar agar dapat menjangkau banyak orang. 

Anda juga bisa melakukan cara ini sebagai pendongkrak jangkauan eksistensi bisnis anda di sosial media. 

Dengan cara menyajikan sebuah konten berharga dan berkualitas untuk dipromosikan pada calon pelanggan yang tepat sasaran

#3. Pemasaran email (email marketing) 

Pemasaran email adalah teknik menggunakan email untuk melakukan pemasaran langsung kepada pelanggan untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada.

Mungkin email memiliki teknik yang berbeda dari teknik pemasaran lainnya.

email memungkinkan bisnis anda untuk terhubung dengan banyak orang secara langsung.

Kelemahannya ialah anda harus mengumpulkan email list agar dapat terhubung dengan para pelanggan.

Bagaimana cara saya mengumpulkan emailnya? 

Jika anda baru memasuki blog ini pertama kalinya, anda akan mendapatkan sebuah pop-up yang meminta anda untuk mengisikan email.

Dengan tawaran anda akan mendapatkan kiriman artikel terbaru dan menarik dari blog ini.

Jika anda mengisi kolom tersebut, anda akan terus bisa terhubung dengan blog ini dan mendapatkan kupon diskon atau konten yang sangat diinginkan, seperti ebook dan lainnya.

penerima ikut serta dengan memberikan nama dan alamat email mereka dan dapat berlangganan serta terhubung secara langsung dengan anda

#4. Pemasaran affiliasi (affiliate marketing) 

Pemasaran affiliasi adalah jenis pemasaran dengan melibatkan orang lain untuk memasarkan produk anda dan memberinya komisi atas kemampuannya dalam pemasaran.

Jadi, bisnis anda membuat sebuah program affiliasi dengan menyediakan pendaftaran untuk memasarkan produk anda dan mendapatkan komisi dari pemasaran tersebut.


Saya akan memberikan contoh

Pendaftaran domain dan hosting situs web milik cloudmediabiz.com yang memiliki program pemasaran afiliasi yang memungkinkan influencer dan pemasar internet menghasilkan uang dengan mempromosikan layanan mereka.

Dan saya sebagai seorang influencer, saya membantu memasarkan dan mempromosikan layanan mereka dengan menyertakan link ( tautan ) affiliasi milik saya pada blog ini.

Jika terjadi transaksi menggunakan link (tautan) tersebut, maka saya berhak mendapatkan komisi atas transaksi tersebut.

Apakah teknik ini memiliki resiko? 

Mungkin dengan cara ini, produk yang anda miliki akan memiliki peningkatan penjualan.

Karena banyak nya orang yang ikut andil dalam pemasaran milik anda.

Tetapi ada sebuah resiko kecil yang bisa saja terjadi pada bisnis anda.

Yaitu, asingnya merek anda di mata pelanggan. 

Memang yang menggunakan produk anda sangat banyak, tapi tidak semua membeli produk itu kepada Anda secara langsung.

Yang menyebabkan pelanggan hanya mengetahui bahwa si A lah yang menjual produk tersebut bukan bisnis anda.

#5. Pemasaran influencer (influencer marketing) 

Banyak yang berkata bahwa pemasaran influencer dan pemasaran affiliasi berbeda, tetapi memiliki tujuan yang sama. 

Influencer adalah seorang yang dikenal dan berpengaruh penting dalam suatu komunitas tertentu sehingga dia memiliki banyak sekali pengikut pada akun sosialnya. 

Misalnya, artis, youtuber dan lain-lain. 

Pemasaran influencer adalah sebuah kerja sama antara pemilik bisnis atau perusahaan dengan seorang influencer untuk mempromosikan produk dengan para pengikutnya. 

Sebagai contoh :

Jenis pemasaran digital

Gambar di atas terdapat rafi ahmad yang sedang memegang sebuah produk minuman coklat. 

Sebagaimana kita tau bahwa selebriti ini memiliki 36,8 jt pengikut di instagramnya. 

Pemilik produk tersebut bekerja sama dengan selebriti ini untuk mempromosikan produk nya agar mendapatkan jangkauan yang luas. 

Dan bahkan, untuk satu postingan seperti itu saja bisa mencapai harga 1 jt hingga 5 jt per postingannya. 

#6. Pemasaran menggunakan optimasi mesin pencari

Seperti yang saya jelaskan pada bagian pemasaran konten, bahwa optimasi mesin pencari (seo) berperan penting untuk mendapatkan lalu lintas organik dari mesin penelusuran. 

Jadi, anda sebagai seorang pebisnis,anda sangat membutuhkan pemahaman mendalam tentang seo untuk mendapatkan pelanggan baru dari mesin penelusuran seperti google. 

Dan untuk menentukan peringkat tersebut, google memerlukan seo sebagai pertimbangan. 

Bagaimana cara kerja seo? 

Untuk setiap mesin pencari, terdapat sebuah bot perayap (googlebot) yang digunakan untuk menelusuri dan meng Indeks halaman yang layak dan relavan agar muncul di mesin pencari. 

Dan ketika seseorang mencari kata kunci tertentu, google akan memberikan hasil yang paling berkualitas dan relavan pada bagian atas pencarian tersebut. 

Yang menyebabkan halaman tersebut memiliki banyak pengunjung yang berasal dari mesin pencari. 

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat  belajar seo untuk meningkatkan rangking di google

Seo dibagi menjadi 2 hal :
  • Seo on-page (optimasi halaman)
  • Seo off-page (optimasi luar halaman) 
Saya akan bahas keduanya secara singkat. 

Optimasi halaman

Optimasi halaman atau yang lebih dikenal dengan seo on-page ini dapat membantu Anda mendapatkan peringkat terbaik. 

Optimasi halaman adalah sebuah upaya yang anda lakukan untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan halaman web anda dengan mesin pencari untuk kata kunci yang di targetkan.

Beberapa contoh optimasi halaman :
  • Meningkatkan kecepatan situs web anda
  • Memiliki desain web yang responsif dan dioptimalkan untuk seluler (Mobile friendly) 
  • Menentukan kata kunci yang tepat untuk ditargetkan
  • Penataan konten dengan tag judul yang benar
  • Mengoptimalkan tampilan cuplikan fitur Google
  • Menyusun struktur website dengan baik. 
  • Menambahkan link internal ke halaman lain di situs anda. 
  • Menambahkan link keluar ke situs web lain yang relavan.

Dan selain ini, ada faktor lain yang menentukan peringkat anda. Yaitu:

Optimasi luar halaman

Ini merupakan sebuah cara yang digunakan untuk memaksimalkan peringkat di mesin pencari menggunakan metode luar halaman.

Banyak cara yang bisa anda gunakan dalam hal ini.

Hanya saja cara yang paling berpengaruh pada tahap ini adalah backlink.

Backlink adalah sebuah tautan dari luar situs anda yang mengarah langsung pada halaman situs web anda.(dengan atribut do follow) 

Kenapa backlink memiliki peranan penting? 

Alasannya cukup mudah. 

Jika banyak situs web yang memasang link (tautan) yang mengarah pada situs anda. 

Maka google menggangap konten anda sebagai konten yang berkualitas dan relavan. 

Dan google juga mementingkan kualitas dan Otoritas dari link yang diberikan tersebut. 

1 link dari situs berita besar tribunnews lebih baik dan lebih efektif dibandingkan dengan 100 link dari situs tak dikenal. 

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat

Atau anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu guest post. 

Guest post adalah menuliskan konten kepada blog yang bukan milik penulis untuk mendapatkan popularitas dan backlink gratis sebagai imbalan nya. 

Apakah ada cara lain selain seo untuk mendapatkan hasil teratas pencarian? 

Jawabannya ada, yaitu SEM atau search engine marketing. 

SEM adalah sebuah layanan milik google untuk memasarkan atau beriklan di mesin pencari untuk mendapatkan pengunjung organik dan membayar sesuai dengan jumlah klik yang didapatkan. (PPC) 

Dimana cara ini menggabungkan antara teknik seo dan iklan berbayar untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Dengan begitu, website anda akan lebih mudah ditemukan pada pencarian.

Dan anda akan membayar sesuai dengan jumlah klik yang didapatkan atau yang disebut pay per click (PPC). 

#7. pay per click (PPC) 

Saat ini, banyak platform yang menyediakan layanan iklan dengan membayar saat terjadi klik pada iklan tersebut.

Contoh PPC adalah dari google (SEM), AdWords, Facebook ads dan lain-lain. 

Dan ada juga metode lain selain PPC yaitu PPM (pay per impression) 

Pengiklan akan membayar jika iklan itu muncul, dan umumnya per 1.000 kali kemunculan untuk membayar. 


#8. Audio visual dan video marketing

Teknik ini juga merupakan bagian yang efektif untuk membantu Anda memasarkan dan memperkenalkan produk dan bisnis anda. 

Anda dapat membuat sebuah video yang mendeskripsikan bisnis dan produk anda serta mengedukasi para pelanggan anda sebelum melakukan pembelian. 

Misalnya anda membuat sebuah tutorial, pendidikan, inspirasi yang berkaitan dengan bisnis anda. 

Sehingga pelanggan dapat lebih mengenal dan merasa bahwa anda adalah bisnis yang tepat untuk dikunjungi. 

Penutup

Sekarang anda sudah memahami apa saja jenis-jenis pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis.  

Jika anda ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, anda bisa berlangganan blog kami.

Terimakasih

Muhammad nur rahman
Muhammad nur rahman "Semua orang di negara ini harus belajar memprogram komputer, karena itu mengajarkanmu cara berpikir." ~ Steve Jobs ~

Post a Comment for "8 jenis pemasaran digital untuk mengembangkan bisnis (internet maarketing)"