Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Pasti untuk Meningkatkan Penjualan secara drastis

Cara meningkatkan penjualan

Tentu sebagai seorang pebisnis, kita ingin meningkatkan  Penjualan kita secara drastis.

Dan selalu ingin memiliki pelanggan baru setiap harinya.

Tentu itu semua akan anda dapatkan jika anda menerapkan cara untuk meningkatkan penjualan dengan baik dan benar.

Walaupun sebenarnya tidak ada teori pasti untuk anda meningkatkan penjualan, tetapi banyak cara dan strategi yang bisa anda terapkan pada bisnis anda.

Saya akan berikan gambaran kecil dari contoh penjualan. 

Anggaplah anda sedang berjualan pada sebuah desa kecil di Indonesia.

Dan penduduk pada desa itu mencapai 1000 orang.

Disana anda menjual sebuah makanan bakso, dan anda berhasil menjual kepada seluruh orang pada desa itu, yah berarti 1000 bakso

Pertanyaan saya:

Apakah anda akan berhenti berjualan atau anda akan lanjutkan?

Siapa lagi yang akan membeli bakso di desa itu?

Bagaimana menurut jawaban kalian, tulis dikomentar

Anda bisa saja menjual produk bakso tersebut bahkan anda bisa meningkatkan penjualan anda secara drastis dengan cara fokus untuk meningkatkan penjualan anda kepada pelanggan yang sering membeli produk anda.

Atau bahasa kita pelanggan setia.

Dan dengan semoga dengan cara yang akan saya berikan ini, anda akan mampu meningkatkan penjualan anda secara drastis.

Baiklah langsung saja kita mulai pada bagian yang pertama. Yaitu:

#1.Buatlah kesan terbaik pada pelanggan Anda. 


Kesan pertama pada seorang pelanggan menjadi peran penting pada poin pertama ini untuk meningkatkan penjualan

Dan anda harus memastikan hal berjalan dengan baik.

Dengan cara menyambut pelanggan dengan cara yang terbaik dan sopan serta ramah.

Itu semua akan menjadi poin tambahan yang membuat pelanggan kembali datang pada toko anda.

Dan jika anda memiliki sebuah karyawan dalam toko anda, maka anda perlu memastikan kepada mereka bahwa mereka telah melakukan tugasnya dengan baik.

Dan anda juga bisa membuat toko anda itu rapi, bersih dan enak dilihat.

Buat lah sebuah hiasan ataupun hal lainnya yang kira-kira akan membuat pelanggan nyaman pada toko anda.

Dan jika anda sudah memastikan semuanya berjalan baik, maka anda telah membuat kesan pertama yang baik kepada pelanggan.

Dan silahkan lanjut pada poin kedua. Yaitu:

#2. Jika anda memiliki karyawan, ajarkan mereka untuk mengenal nilai dari produk anda. 


Kenapa saya menujukan poin ini pada karyawan anda. 

Jujur saja, saat saya bekerja di sebuah toko keramik yang bisa dibilang sangat besar dan lengkap di kota itu. 

Ada sebuah karyawan yang selalu gagal dalam menarik pelanggan untuk membeli sebuah produk di toko kami. 

Tentu bukan karena produk kami yang tidak berkualitas

Melainkan ada sebuah karyawan yang tidak mengetahui nilai dari produk yang sedang dia promosikan pada pelanggan. 

Dia tidak mengerti keunikan atau kelebihan dan nilai dari Produk yang dia tawarkan sehingga pelanggan selalu merasa tidak tertarik dan menolak untuk membeli produk kami.

Tentu anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada bisnis anda bukan. 

Oleh karena itu, ajarkan nilai dari produk yang anda jual pada karyawan untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. .

pastikan mereka benar-benar mengerti dalam menjual produk bisnis anda dan selalu kontrol perkembangannya.

#3. Pastikan produk anda berkuaitas


Ini menjadi bagian terpenting yang harus anda perhatikan jika tidak mau penjualan anda menurun. 

Pasalnya pelanggan yang datang itu menginginkan sebuah Produk yang berkualitas. 

Jadi, se ramah dan se bersih apapun toko anda, tetap tidak terjadi transaksi jika produk anda mengecewakan pelanggan. 

Bahkan bisa dipastikan pelanggan anda tidak akan kembali lagi, jika anda tidak memperbaiki kualitas produk anda.

#4. Tingkatkan jumlah pesanan (upselling) 

Ini merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan pendapatan dari toko anda. 

Dan strategi ini disebut upselling, yaitu menawarkan lebih banyak banyak barang kepada pelanggan yang sudah memiliki niat untuk membeli di toko anda

Karena pasalnya jika seorang pelanggan telah memutuskan untuk membeli suatu produk dari toko anda, maka mereka telah memiliki pola fikir untuk membeli

Dan anda bisa memanfaatkan situasi ini untuk meningkatkan penjualan anda. 

Anda bisa menawarkan hal yang berkaitan dengan produk yang dia beli. 

Atau anda menawarkan produk yang best seller dari toko anda. 

Perlu Anda ingat bahwa teknik ini harus dilatih dengan benar.

#5. Berikan promo atau diskon dalam waktu terbatas

Promo juga bisa digunakan untuk peningkatkan penjualan pada bisnis anda. 

Tahukah anda? 

Orang bisa saja berubah fikiran dari tidak ingin membeli menjadi ingin membeli, bahkan bisa membeli hingga lebih dari satu di saat ada promo

Karena dengan adanya promo atau diskon dalam waktu atau event tertentu, pelanggan akan merasa bahwa dia harus membeli barang ini sekarang juga. 

#6. Tetap berkomunikasi dengan pelanggan

Coba anda bayangkan hal ini

Bulan ini, anda memiliki pembeli sebanyak 1000 orang pada toko anda.

Lalu, saat anda memiliki produk baru, anda harus mencari mereka lagi untuk mengenalkan produk baru anda pada mereka.

Itu hal yang sulit bukan?

Inilah manfaat dari berkomunikasi dengan pelanggan setelah membeli.

Yang saya maksud disini tidak harus berkomunikasi secara langsung, anda hanya perlu membuat pelanggan tidak melupakan brand anda.

Caranya bagaimana?

Jika anda ingin mengetahui strategi ini, anda bisa belajar pemasaran konten untuk membangun interaksi pelanggan. 

Penutup

Saya tau, semua strategi peningkatan penjualan ini belum semuanya. 

Tetapi anda bisa belajar lebih banyak pada blog ini. 

Jika anda suka dengan artikel ini, anda dapat berkomentar dan berlangganan pada kolom setelah artikel ini. 

Terimakasih

Muhammad nur rahman
Muhammad nur rahman "Semua orang di negara ini harus belajar memprogram komputer, karena itu mengajarkanmu cara berpikir." ~ Steve Jobs ~

Post a Comment for "6 Cara Pasti untuk Meningkatkan Penjualan secara drastis"