Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 langkah membangun strategi pemasaran konten untuk mengembangkan bisnis

Membangun strategi pemasaran konten

Banyak para pemilik bisnis yang gagal dalam melakukan pemasaran karena mereka merasa teknik yang dilakukannya telah benar.

Padahal, tanpa disadari dia melakukan kesalahan. 

Menurut penelitian dari Content Marketing Institute (CMI) dan MarketingProfs bahwa 63% bisnis tidak memiliki pemasaran konten yang terdokumentasi. 

Membangun strategi pemasaran konten
Sumber: https://www.slideshare.net
Jika anda melakukan pemasaran tanpa strategi, maka keberhasilan dan kegagalan adalah sebuah keberuntungan. 

Dan anda akan menanggung resiko atas kesalahan tersebut jika terjadi kegagalan. 

Oleh karena itu, sebagian besar pebisnis mengganggap bahwa belajar membangun strategi pemasaran konten adalah sebuah kebutuhan pendidikan terbesar. 

Artikel ini akan membantu Anda dengan 11 langkah sederhana untuk mengembangkan dan menjalankan rencana pemasaran konten yang mudah dan tidak membuang waktu dan biaya.

Baiklah kita mulai dari bagian pertama. Yaitu:

Strategi pertama : Tetapkan misi dan visi anda. 

Langkah pertama yang harus anda rencanakan untuk membangun sebuah strategi pemasaran konten adalah menetapkan misi dan tujuan.

Misi dan visi dapat membantu Anda untuk tetap berada pada jalur yang benar hingga sampai pada tujuan yang ditargetkan.

Jika anda belum begitu familiar dengan visi misi, simak penjelasan dibawah

Visi Adalah rangkaian kalimat yang disusun berdasarkan cita-cita, harapan, tujuan dari sebuah perusahaan atau organisasi. (Tujuan)

Misi adalah sebuah proses yang akan dilakukan perusahaan atau organisasi tersebut yang bertujuan mencapai visi tersebut.

Dan dua hal ini bertujuan agar organisasi atau perusahaan anda dapat tetap fokus pada tujuan yang telah ditetapkan.

Berikut yang harus anda perhatikan dalam menetapkan visi misi dalam pemasaran konten:
  • Produk atau layanan yang anda sediakan. 
  • Audiens yang anda target
  • Konten yang akan anda berikan
  • Platform yang mendistribusikan konten anda
Itu hanya beberapa hal penting yang disarankan saja, dan anda bisa menambahkan lagi tergantung jenis pemasaran anda. 

Untuk memudahkan Anda menetapkan misi, saya akan berikan sedikit rumus yang bisa anda rangkai sebagai misi pemasaran anda. 

Kami menyediakan kepada (target audiens) dengan (jenis konten) untuk membantu mereka (tujuan bisnis). 

Dan hal terpenting dalam menetapkan misi (tujuan) anda yaitu.
  • Apa yang akan diperoleh oleh audiens dengan pemasaran konten anda
  • Dan apa yang akan anda dapatkan dari audiens anda. 

Itu lah tujuan dari pemasaran konten yang paling utama.

Tujuan umum meliputi:
  • Meningkatnya laba (keuntungan) dari hasil pemasaran konten yang dilakukan. 
  • Mendapatkan lebih banyak lalu lintas yang mengarah pada bisnis anda untuk menambah peningkatan keuntungan. 
  • Mendapatkan lebih banyak kepercayaan anda dari pelanggan sebagai benteng yang akan memperkuat bisnis anda. 
  • Mendapatkan lebih banyak pengaruh dan Otoritas dan dipandang sebagai bisnis yang berkualitas
  • Kesuksesan dalam bidang SEO untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik di mesin pencari. 
  • Mengurangnya biaya pemasaran setalah anda mampu menghasilkan kepercayaan dengan memberikan konten berkualitas. 
  • Meningkatkan Otoritas sosial untuk membangun kepercayaan banyak orang. 

Setelah Anda mengetahui visi dan misi Anda, saatnya untuk pindah ke langkah berikutnya.

Strategi kedua : kenali audiens anda

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran konten, anda perlu mengenal siapa audiens anda. 

Sehingga anda dapat membuat konten yang benar-benar tepat untuk para audiens anda. 

Dan 2 hal mudah yang perlu anda lakukan, yaitu:
  • Kumpulkan Data Demografis
  • Dapatkan tanggapan pelanggan tentang konten anda
Baiklah, saya akan mulai dari yang pertama:

Mengumpulkan data demografis pengunjung

Banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk mengumpulkan data demografis pengunjung. 

Dan anda perlu mengumpulkannya dari semua sumber pemasaran konten anda. 

Seperti, blog, email, instagram, Facebook dan lain-lain. 

Anda bisa menggunakan data analytics platform tersebut untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan.

Misalnya seperti:
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • pendidikan
  • Pendapatan
  • Dan lain-lain

Dan anda juga dapat mengetahui minat mereka dengan mengirimkan formulir berlangganan pada bisnis anda.

Saya akan berikan contoh dari blog ini untuk mengumpulkan minat pengunjung.

(Lihat gambar di bawah)

Langkah membangun strategi pemasaran konten
Contoh cara mengumpulkan minat audiens blog ini

Saat ada memasuki blog ini untuk pertama kalinya, anda akan diminta sebuah data seperti gambar di atas.

Dengan imbalan, saya akan mengirimkan anda konten berkualitas tiap minggunya dan beberapa pemberitahuan dan lain-lain.

Dan saya dapat mengetahui jenis minat pengunjung saya dengan cara ini.

" Apakah ada cara lain? "

Ada.

Anda juga bisa mengambil data dari analisa platform yang anda miliki.

Misalnya anda melakukan konten marketing menggunakan instagram.

Anda bisa mengambil data dari insight akun anda.

Sebagai contoh.

Langkah membangun strategi pemasaran konten
Insight akun instagram
Dan hampir semua platform memiliki analistis atau insight untuk memantau pengunjungnya.

Dan anda bisa memanfaatkan cara ini untuk mendapatkan informasi tentang pengunjung anda.

Dapatkan tanggapan pengunjung tentang blog anda

Setelah Anda mengetahui informasi tentang pengunjung anda. 

Sekarang anda harus mendapatkan informasi pelanggan tentang konten anda dengan cara meminta tanggapannya. 

"Mas, bagaimana saya bisa mendapatkan tanggapan dari pengunjung? "

Sebenarnya, cara nya sangat banyak sekali. 

Tapi saya hanya akan mengambil 3 saja, sisanya akan saya bahas pada artikel selanjutnya. 

Silahkan ikuti terus blog ini dengan cara meletakkan email di akhir artikel untuk mendapatkan informasi menarik lainnya dari koinsaya. 

Baiklah, saya akan mulai dari cara yang paling mudah

Simak segala komentar pada konten anda dan analisa

Tentu jika konten anda berkualitas dan mampu menarik perhatian pengunjung anda. 

Pasti mereka akan meluangkan waktunya untuk berkomentar pada blog anda. 

Tapi ingat, tidak semua pengunjung berkomentar karena menariknya sebuah konten, tapi juga karena buruk dan lainnya. 

Ada 4 hal yang menyebabkan pengunjung ingin berkomentar:
  • Menayangkan sesuatu terkait konten
  • Memuji sang penulis
  • Ingin menjalin hubungan dengan penulis
  • Dan memberikan saran atau masukan
Dan semua ini bisa anda manfaatkan untuk mengetahui seberapa penting konten anda bagi mereka. 

Melakukan survey terhadap pengunjung

Ini cara yang paling efektif untuk mendapatkan tanggapan dari pengunjung tentang konten anda. 

Anda dapat mempelajari secara spesifik tentang pelanggan anda saat ini

Dan memberikan wawasan kepada Anda terkait konten yang anda berikan.

Seperti :
  • Perasaan pelanggan terhadap konten anda
  • Apa yang paling dibutuhkan pelanggan dengan konten anda. 
  • Bagaimana anda dapat mengatasi segala permasalahan pelanggan anda 

Mendapatkan tanggapan pelanggan yang tepat dapat membantu Anda dalam memahami prioritas dan keinginan pelanggan.

Dan anda juga dapat memahami tempat yang paling cocok untuk anda mendistribusikan konten anda

Dan anda juga dapat mengelompokkan pelanggan anda sesuai data mereka.

Baiklah, lanjut ke strategi selanjutnya. Yaitu:

Strategi ketiga : Tentukan jaringan terbaik untuk pemasaran konten anda

Setelah Anda melakukan strategi sebelumnya untuk membangun strategi pemasaran konten, kita lanjut ke strategi selanjutnya, yaitu tentukan jaringan terbaik untuk pemasaran konten.

Anda akan dapat mengetahui dimana dan apa yang akan anda gunakan untuk memasarkan konten anda.

Banyak sekali sarana yang bisa anda gunakan.

Dan lebih baik anda memilih yang benar-benar efektif untuk bisnis anda dibandingkan anda harus menjalankan semuanya secara bersamaan.

1 media yang konsisten dan berkualitas lebih baik dibandingkan 10 media tetapi tidak berkualitas

Bagaimana cara anda menemukan konten yang benar-benar cocok untuk strategi pemasaran anda?

Anda bisa melihat pada bagian Google analytics > dan masukan pada bagian akusisi > dan tinjauan umum.

Anda akan melihat jejaring sosial tempat konten anda sering dibagikan oleh orang-orang.

Sebagai contoh, lihat gambar dibawah.

Langkah membangun strategi pemasaran konten
Google analytics

Apakah ada cara lain?

Ada

Anda juga akan bisa menggunakan buzzsumo untuk mendapatkan data seperti di atas.

Dan anda juga akan dapat melihat grafik seperti :
  • Bagikan konten berdasarkan jaringan
  • Bagikan konten berdasarkan jenis konten
  • Bagikan menurut panjang konten
  • Konten teratas dalam setahun terakhir

Dan dengan cara seperti inilah, anda akan mengerti dan dapat memutuskan jaringan mana yang akan anda gunakan dalam pemasaran tersebut.

Strategi keempat : menentukan jenis konten anda

Langkah selanjutnya adalah memikirkan dan tentukan jenis konten yang akan anda gunakan untuk membangun strategi pemasaran konten. 

Ada beberapa jenis konten yang digunakan dalam setiap strategi pemasaran konten. 

Kebanyakan para pemasar konten yang berhasil dan sukses memiliki sebuah inti dari semua jenis kontennya. (Home base) 

Yang mana konten itu dibagikan juga pada setiap jenis konten lainnya. 

Umumnya postingan blog lah yang menjadi konten utama dari setiap pemasaran dan memberikan pengaruh paling besar pada strategi pemasaran konten tersebut. 

Karena idealnya, postingan blog akan terus berharga, mudah dibagikan, dan dapat mencakup berbagai jenis konten lain didalamnya. 

Konten apa lagi yang harus dimasukkan dalam rencana strategi konten Anda?

Selain blog, masih banyak lagi jenis konten yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan pemasaran konten anda.

Jika kita perhatikan, Rata-rata orang Indonesia saat ini lebih suka menggunakan video (youtube) untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan lainnya.

Dan tentu anda juga dapat memanfaatkannya untuk membangun strategi pemasaran konten anda.

Dan terbukti, video dapat melibatkan audiens anda dan mampu menjaga mereka bertahan pada konten anda lebih lama.

Anda juga dapat menggunakan jenis konten visual lainnya untuk meningkatkan keterlibatan para audiens anda. 

Anda juga dapat menggunakan infografis untuk membuat sebuah gambar atau meme yang dapat menarik perhatian pelanggan dengan memanfaatkan alat-alat seperti canva untuk pembuatannya. 

Dan anda juga bisa menggunakan e-book untuk membagikan secara mendalam tentang bisnis anda. 

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa yang Anda butuhkan untuk membuat konten itu.

Strategi kelima : menentukan dan memanfaatkan sumber daya yang ada

Sekarang anda sudah mengetahui target audiens anda. 

Anda juga sudah mengetahui jenis konten apa yang akan anda buat untuk pemasaran konten. 

Dan anda juga sudah mengetahui, kemana anda membagikan konten tersebut sebagai strategi utama dalam pemasaran. 

Dan sangat penting sekali anda memperhatikan semua kebutuhan untuk menyampaikan strategi pemasaran konten anda. 

Dan itu melibatkan semua pertanyaan dibawah ini:
  • Siapa yang akan bertanggung jawab memproduksi dan memelihara konten anda? 
  • Alat dan sumber daya yang akan anda gunakan?
  • fisik atau digital yang Anda butuhkan untuk membuat konten?
  • Seperti apa alur kerja penerbitan Anda ??termasuk penjadwalan konten?
Mari kita lihat masing-masing lebih detail.

Siapa yang bertanggung jawab atas Produksi Konten?

Jika kita membahas hal ini, kita tentu membahas tentang peran.

Anda harus memikirkan siapa yang bertanggung jawab secara keseluruhan tentang strategi pemasaran ini.

Dan tentu ini akan bergantung pada tim atau ukuran perusahaan anda.

Dan jika anda melakukannya sendiri, itu artinya anda harus lebih pintar lagi memilih salah satu dari yang terbaik untuk strategi anda. 

Karena jika anda melakukan semuanya, anda akan kewalahan dan hasil pun bisa tidak maksimal.

Tidak apa-apa jika kita jarang memposting tetapi yang terpenting adalah kualitas nya bukan kuantitas

Alat dan Sumber Daya Apa yang Anda Butuhkan?

Sekarang, fikirkan bagaimana anda akan membuat konten?

Siapa saja yang akan berkontribusi dengan anda dalam strategi pemasaran konten anda.

Apakah anda akan mencari orang-orang yang profesional untuk membantu Anda mengembangkan konten.

Lihat disini untuk Mencari penulis artikel blog profesional

Apakah ada cara lain?

Ada

Salah satu cara termudah adalah dengan menjelajahi situs-situs yang membahas topik yang sama dengan anda.

Anda mencari diantara mereka yang memiliki kualitas artikel yang cukup menarik dan berkualitas.

Dan tidak ada salahnya bukan untuk mendekati mereka dan melihat apakah mereka ingin berkontribusi dengan tim pemasaran konten anda.

Dan cara ini juga cukup efektif dan dapat membantu Anda menjalin hubungan dengan yang lainnya.

Bagaimana alur Kerja Konten ? 

Selanjutnya, anda perlu memahami lebih dalam terkait proses produksi konten anda.

Apakah konten akan dibuat langsung secara bersamaan atau memiliki jadwal pembuatan sendiri..?

Setelah konten dibuat, apa yang kemudian anda lakukan.?

Semua itu butuh persiapan dan strategi yang matang

Ingat, pemasaran tanpa perencanaan sama dengan merencanakan kegagalan

Strategi ke-enam : Buat Kalender Konten

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa anda juga perlu mengatur jadwal untuk pemasaran konten yang tepat. 

Dan untuk memperkuat strategi pemasaran, anda harus tau persis kapan anda ingin mempublikasikan konten anda. 

Apakah setiap hari? 

Seminggu sekali? 

Atau mungkin satu bulan sekali? 

Itu semua bergantung pada strategi anda. 

Dan anda sangat memerlukan kalender pemasaran yang tepat agar anda tidak mensia-siakan waktu anda dalam pemasaran. 

Bagaimana cara anda melakukan penjadwalan. 

Simak penjelasan dibawah

Cara menetapkan jadwal pemasaran konten yang tepat

Salah satu cara termudah adalah melakukan riset awal untuk menemukan topik yang akan memiliki tanggapan yang baik dari target audiens anda. 

Anda bisa mencari pertanyaan apa yang akan ditanyakan dan ditanggapi oleh kebanyakan audiens anda. 

Saat ini, google memiliki salah satu fitur terbaru 2020 ini. Yaitu questionhub

Ketikkan topik anda pada kolom pencarian dan dapatkan pertanyaan yang paling relavan dengan audiens anda. 

Sebenarnya yang paling cocok untuk mencari pertanyaan audiens yang banyak dicari adalah Answerthepublic

Hanya saja platform ini berbahasa Inggris. 

Lalu, atur deadline dan jenis konten untuk topik tersebut pada kalender.

Dan ulangi terus teknik ini hingga anda telah membuat judul konten hingga 2 bulan kedepan. 

Strategi ketujuh : Buat Konten

Ini inti dari segala strategi pemasaran konten. 

Dari sekian banyak persiapan sebelumnya, saatnya anda benar-benar membuat konten yang menjadi penentu pemasaran anda. 

Karena sebagus apapun teknik pemasaran, tetap saja akan gagal jika konten tidak berkualitas. 

Dan kali ini, saya akan menggunakan postingan blog sebagai contoh pada artikel ini. 

Baiklah, kita mulai... 

Cara melakukan riset saat membuat konten


Periksa kalender pemasaran anda yang telah dibahas pada langkah sebelumnya. 

Kemudian teliti dan analisa segala sesuatu terkait konten anda. 

Ketika Anda sudah siap. 

Anda perlu memeriksa pada penelusuran mesin pencari dan lihat beberapa konten teratas didalamnya. 

Jika anda telah menjelajahi situs-situs tersebut, lakukan riset dan buat konten yang mampu memiliki nilai lebih dari semua konten tersebut. 

Ini disebut juga dengan teknik pencakar langit.. Hehee... 

Mas, bagaimana jika saya melakukan riset secara langsung ? 

Penelitian secara langsung (asli) juga memiliki kelebihan tersendiri, yang membuat audiens anda lebih percaya kepada anda. 

Jika telah selesai semua, barulah anda membuat konten. 

Untuk memaksimalkan langkah ini, lihat Cara membuat artikel berkualitas dan menarik 

Perhatikan gaya bahasa dalam pembuatan konten

Saat anda mulai menulis atau membuat konten, Anda harus memikirkan cara mencerminkan kepribadian bisnis Anda dalam konten yang Anda tulis.

Anda mungkin ingin menjadi sangat profesional di mata pengunjung

Anda mungkin juga ingin menjadi sangat santai, atau sesuatu di antaranya.

Dan yang terpenting adalah anda harus bisa mengelola keseimbangan antara menunjukkan keahlian Anda dan tidak menggurui audiens Anda.

Strategi kedelapan : pemasaran konten

Ini juga hal inti setelah anda membuat konten. 

Jangan mengira jika anda mempublikasikan konten, tugas anda telah selesai. 

Anda sangat salah, inti strategi pemasaran anda disini. 

Bagaimana orang-orang akan tau konten anda jika anda tidak keluar dan mengenalkan kepada orang-orang tentang konten anda. 

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan salam mempromosikan konten anda. 

Dan saya akan bahas semua itu pada 

Belajar pemasaran konten untuk hasil maksimal

teknik promosi blog terbaik agar banyak pengunjung

Penutup

Sekarang anda sudah mengerti apa saja yang akan anda lakukan untuk membangun strategi pemasaran konten

Jika anda ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, anda bisa berlangganan blog kami.

Terimakasih
Muhammad nur rahman
Muhammad nur rahman "Semua orang di negara ini harus belajar memprogram komputer, karena itu mengajarkanmu cara berpikir." ~ Steve Jobs ~

Post a Comment for "8 langkah membangun strategi pemasaran konten untuk mengembangkan bisnis"