Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 pertanyaan untuk menentukan masa depan blog anda [2020]

Menentukan masa depan blog

Di tahun 2020 ini, persaingan blogger cukup sulit dan akan semakin sulit kedepannya.

Dan semakin hari, akan selalu bertambah sebuah situs baru dengan beragam topik.

Dan bagaimana kita bisa bersaingan dengan seluruh blogger tersebut.

Sebagai blogger di tahun 2020 ini, terkadang kita selalu mempertanyakan apakah blog ini akan sukses atau tidak.

Maka dari itu, mungkin artikel ini akan mampu memberikan jawabannya dengan menjawab beberapa pertanyaan untuk menentukan masa depan blog anda nantinya

Baiklah, kita mulai dari langkah awal seorang blogger.

Awal langkah perjuangan seorang penulis blogger adalah memilih topik blog yang tepat.

Pasalnya, topik menjadi penentu kemana arah dan masa depan blog anda nantinya.

Jadi anda tidak bisa santai dalam menentukan topik blog anda.

Dan mungkin pertanyaan-pertanyaan ini cukup mendalam, tapi jika anda berhasil menjawabnya, maka anda akan sukses memulai langkah yang terbaik untuk masa depan blog anda.

Pemilihan niche menjadi penentu arah dan kesuksesan sebuah blog

Saya ingin sedikit bercerita tentang kesalahan fatal seseorang dalam memilih topik blog nya

Kisah terkait pemilihan topik yang salah

Pada tahun 1998, ada sebuah situs raksasa yang memiliki jumlah lalu lintas pemirsa yang cukup besar di dunia. 

Situs ini bernama about.com

Dan situs ini telah memiliki ratusan panduan untuk segala topik dan pembahasan.

Dan itu berarti situs ini memiliki topik untuk semua orang di dunia. 

Kalau dalam dunia blogging di Indonesia sering disebut blog gado-gado

Dan jika di perhatikan, berapa banyak situs yang memiliki konten untuk semua orang? 

Microsoft juga melakukan hal yang sama

Yahoo juga melakukan hal yang sama 

Excite juga melakukannya dan masih banyak lagi. 

Itu artinya, about.com ini melawan semua situs dan juga melawan situs yang membahas kepada hal serupa dengan lebih spesifik. 

Dan seiring berjalannya waktu, semakin banyak persaingan dan semakin banyak situs-situs baru yang berdiri. 

Bahkan di antara mereka juga tidak sedikit yang memiliki cukup banyak budget untuk memaksimalkan pemasaran nya. 

Dan saat itu juga lah about.com mulai hancur dan merana hingga berkali-kali mengganti pemilik. 

Dan kehancuran itu berubah saat strategi baru diluncurkan

Pasti anda bertanya-tanya tentang strategi apa yang digunakan. 

Hal yang pertama dilakukan adalah merubah nama menjadi dotdash

Dan kemudian mereka merubah topik blognya menjadi lebih spesifik. 

Dan dia hanya berfokus pada pembahasan yang lebih vertikal dan spesifik untuk pemirsa tertentu. 

Dan tidak lagi membuat konten dan topik untuk semua orang. 

Dan dia percaya akan memiliki keunggulan dari enam vertikal yang dia pilih. 

Yaitu:
  • Verywell (kesehatan)
  • The Spruce (rumah)
  • Lifewire (tech)
  • The Balance (keuangan pribadi)
  • Tripsavvy (perjalanan)
  • ThoughtCo (peretasan kehidupan)

Dan hasil dari perubahan strategi topik ini sangat lah besar dan sangat berpengaruh pada kemajuannya.

Dan bahkan yang lebih luar biasa lagi menurut CEO Neil Vogel adalah perubahan strategi bekerja yang lebih baik, dan pada tingkat yang lebih cepat dari yang diharapkan sebelumnya.

Intinya, pemilihan topik yang lebih spesifik akan lebih terarah dan lebih ter target dibandingkan membahas semua topik

11 pertanyaan untuk menentukan masa depan blog anda di tahun 2020

Seperti yang saya ungkapkan sebelum nya, mungkin pertanyaan-pertanyaan ini cukup mendalam dan sangat detail.

Tetapi, dengan anda mempersiapkan jawaban dan mencoba mendalami pertanyaan ini

Maka, anda akan memiliki masa depan sebagai blogger yang lebih baik lagi.

Baiklah, mari kita mulai

Apakah anda cocok untuk mengambil topik tersebut? 

Pertanyaan ini lah yang harus anda siapkan pertama kali ketika memilih sebuah niche blog

Pasti anda akan merasa yakin dalam niche tersebut jika anda memiliki sebuah kemampuan ataupun hobi di dalamnya. 

Lalu, bagaimana cara menjawab pertanyaan ini?

Cara untuk memastikan kecocokan anda dengan topik tersebut. 

Cara untuk menentukan apakah anda cocok dengan topik ini atau tidak adalah menjawab 2 pertanyaan ini.

#Pertanyaan pertama 

Jika anda menulis dengan segala hal yang anda miliki saat ini, dapatkah Anda menjadi penyedia informasi terkemuka pada topik itu untuk audiens yang ditargetkan?


Jika jawaban Anda adalah "iya"

Silahkan lanjut ke pertanyaan ke-2

#Pertanyaan kedua : 

Apakah anda memiliki lebih dari 10 pesaing dengan topik dan target audiens yang sama? 


Dan pesaing ini bukan hanya di dunia maya tetapi juga pesaing di dunia nyata.

Jika anda memiliki lebih dari 10 pesaing dengan topik yang sama dan target audiens yang sama.

Kemungkinan besar anda akan kesulitan untuk diperhatikan banyak orang dengan banyaknya persaingan tersebut.

Kecuali anda memang benar-benar dapat menjadi berbeda dari para pesaing anda yang lainnya. 

Pertanyaan terkait calon pengunjung blog anda

Jika anda membuat blog, tentu anda akan memaksimalkan kepuasan pengunjung dan memberikan konten terbaik anda. 

Tapi tahukah anda, jika pengunjung hanya mengikuti sesuatu yang dia sukai saja. 

Coba saya akan berikan contoh gambaran

Jika saya menyukai hal bisnis, tentu saya hanya akan mencari bacaan yang memang membahas tentang bisnis dan bukan yang lain. 

Tapi jika blog anda, hari ini bahas bisnis, besok bahas kesehatan, besoknya lagi bahas otomotif. 

Apakah saya akan mengikuti blog anda? 

Kalau saya, tidak

Dan yang terpenting adalah berfokuslah pada pengunjung spesifik anda. 

Jika Anda menargetkan lebih dari satu kelompok audiens, Anda akan gagal, kata @JoePulizzi.

Catatan penting:

Saya sangat minta maaf sekali jika teman-teman blogger ada yang memiliki blog gado-gado.

Tetapi, se baik dan se cocok apapun niche blog anda, tetap gagal bila tidak konsisten

Dan yang terpenting adalah terus semangat dan berikan manfaat untuk banyak orang

Baik lah lanjut....

Sekarang kita mulai pertanyaan berikutnya

#Pertanyaan ketiga :

Siapa target audiens / pengunjung anda? (Hanya satu saja)


" Mas, ko blog sampeyan bahas 3 pembahasan. "

Hehee... Pertanyaan yang bagus

Blog yang anda baca ini membahas 3 pembahasan. Yaitu : pemasaran, blogging dan bisnis online.

Tapi tahukah anda, bahwa ada unsur keterkaitan antara 3 hal tersebut.

Dan justru saya memiliki target yang sangat lebih spesifik.

Yaitu seorang yang ingin memasarkan bisnis online melalui blog.

Sudah itu saja dan tidak ada yang lain.

Jika pembahasan anda memiliki keterkaitan yang kuat dan masuk akal, anda boleh membahas semua itu. 

#Pertanyaan keempat : 

Apa yang dibutuhkan pengunjung anda? Konten artikel, video atau E-commerce..? 


Ini juga merupakan hal penting, coba anda bayangkan jika seseorang mencari sesuatu di mesin pencari Google.

Misalnya saja dia sedang mencari "beli baju murah"

Apakah yang akan dia cari? Artikel atau toko online?

Yah jelas toko online pastinya, karena dia ingin membeli bukan membaca.

Maka dari sekarang, kenali audiens anda dan berikanlah konten terbaik anda


#pertanyaan kelima :

Bagaimana anda dapat membantu pengunjung anda..? Dan apakah blog anda mampu menyelesaikan segala permasalahan pengunjung anda.. ?


Nah ini juga bagian penting.

Karena orang yang membaca artikel anda pasti juga memiliki aktivitas yang penting.

Dan bagaimana mereka mau meluangkan waktu hanya untuk membaca konten yang tidak memberikan manfaat bagi mereka?

Maka, dari sekarang mulailah untuk memikirkan tentang kebutuhan pengunjung anda.

#pertanyaan ke-enam :

Apakah pengunjung peduli dengan konten anda? Dan kenapa mereka peduli?


Hampir sama dengan pertanyaan sebelumnya

Hanya saja ini berkaitan dengan kepedulian.

Jika sebelumnya anda hanya berfikir untuk mempromosikan konten, sekarang anda perlu membuat cara agar pengunjung ikut membagikan konten anda juga

Jika anda memberikan sesuatu yang sangat berkualitas dan berbobot, mereka pasti akan merespon positif konten anda.

Dengan cara berkomentar, membagikan dan lain sebagainya.

#pertanyaan ketujuh :

Keunikan apa yang akan anda tawarkan kepada pengunjung anda.? Nilai apa yang dapat membedakan Anda dan pesaing lainnya? 


Ini juga tidak kalah penting.

Di tahun 2020 ini, ada hampir ribuan bahkan jutaan blogger dengan berbagai topik.

Jadi, dengan keunikan tersendiri, blog anda akan lebih mudah dikenal dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Point tambahan:

Pemasaran dan penjualan memiliki sebuah perbedaan.

Konsep penjual berfokus  pada keuntungan yang besar tetapi tidak mementingkan kepuasan konsumennya

konsep pemasar lebih berfokus pada keuntungan dan juga mementingkan kepuasan konsumennya

Jika anda tertarik menjadi pemasar, lihat belajar pemasaran konten untuk meningkatkan interaksi pelanggan

Pertanyaan terkait dengan konten

Konten memiliki peran terpenting dalam sebuah blog. 

Dan konten yang berkualitas adalah penentu kemajuan dan perkembangan blog anda juga. 

Jadi bagian inilah yang berperan penting dalam masa depan blog anda. 

Baiklah, mari kita mulai

#Pertanyaan kesembilan : 

Apa keunggulan yang dimiliki konten anda? 

Keunggulan itu mampu mempermudah pengunjung mengingat dan memperhatikan konten anda. 

Dan pastikan konten anda ini bukanlah konten yang sama dengan yang lainnya

Karena jika sama, konten anda hanya akan terlihat seperti konten yang tidak memiliki jati diri dan hanya meniru blogger lain. 

Mencari inspirasi dengan blog lain itu boleh saja tapi jangan menirunya, karena jika anda melakukannya, maka anda merusak blog anda sendiri

Jika anda ingin tau cara membuat artikel berkualitas?Baca  cara membuat artikel berkualitas dan menarik di mata pengunjung

#Pertanyaan kesepuluh : 

Siapa saja yang akan menulis konten pada blog anda? Sendiri atau bersama orang lain?


Tentu bagian ini memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Jika anda menulis sendiri seperti admin blog ini. 

Anda mungkin tidak bisa selalu memiliki waktu untuk mengelola blog anda bahkan terkadang kehabisan ide.

Apalagi terkadang, rasa bosan untuk membuat konten selalu ada.

Dan keuntungan nya adalah tulisan blog anda real dan asli milik anda tanpa campur tangan orang lain.

Tentu itu akan memberikan kebanggaan kepada Anda sebagai seorang penulis.

Tapi kalau anda dibantu dengan beberapa penulis, apalagi penulis itu berkualitas, tentu akan jauh lebih baik lagi.

Baca disini untuk cara mencari penulis blogger profesional

Pertanyaan kesebelas 

Bagaimana cara anda mempromosikan konten anda? Platform apa yang paling cocok anda gunakan untuk promosi? 


Kalau ini sih, bergantung dengan bentuk blog sobat semuanya.

Dan saya juga tidak membahas tentang promosi di artikel ini.

Tapi jika anda ingin belajar, lihat  teknik promosi blog terbaik untuk meningkatkan traffic pengunjung

Penutup

Sebagai blogger di tahun 2020 ini, terkadang kita selalu mempertanyakan apakah blog ini akan sukses atau tidak.

Maka dari itu, mungkin artikel ini akan mampu memberikan jawabannya dengan menjawab beberapa pertanyaan untuk menentukan masa depan blog anda nantinya

Jika anda ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, anda bisa berlangganan blog kami.

Terimakasih
Muhammad nur rahman
Muhammad nur rahman "Semua orang di negara ini harus belajar memprogram komputer, karena itu mengajarkanmu cara berpikir." ~ Steve Jobs ~

Post a Comment for "11 pertanyaan untuk menentukan masa depan blog anda [2020]"